Kamis, 24 Januari 2008

Lanjut Nyablak Nyooo....

Kurang lebih gitu deh cing..ceritanya, bahkan ga Cuma itu aja sering banget gw’hampir kena yang kaya gituan, lagi-lagi gw bersyukur Tuhan masih sayang sama gw’. Seperti yang gw’bilang sebelumnya semenjak Asep mulai ketagihan dengan yang namanya cimenk gw’makin jauh dan hampir-hampir ga’kenal lagi sama dia karena dia sering keluar malem dan jarang kelihatan batang hidungnya’ satu waktu sehabis solat isya mata gw’ngantuk banget, karna sepertinya udah kaga’ada kegiatan ahirnya gw tidur, tengah malam seseorang bangunin gw’belum sadr banget sih waktu itu, kalo dari suara sih gw’kaga asing. Mau ngapain malem-malem dia bangunin gw’…Mad ditunggu anak-anak dibelakang kobong 5. Begitu seru dia ke gw’. Dengan penuh tanda Tanya gw’coba ikutin apa maunya dia. Setibanya gw’dikobong 5 gw’dapetin anak-anak sebagian ada yang tidur, sebagian masih asyik ngobrol, begitu gw’kebelakang ternyata ga’ada apa-apa maksudnya apa sih, kaga’jauh dari hadapan gw’ ada Gaga yang sejak tadi asyik nikmatin rokonya, gw’harap dia kasih tau gw’perihal apa yang terjadi sebenernya’, Ga kata si Asep anak-anak manggil gw’kebelakang,,,begitu Tanya gw’ke si Gaga,,,bukannya ngasih jawaban Gaga malah tawa cekikikan Mad…mad Asep itu lagi kaga’waras mau aja lu dikerjain……gitulah kata Gaga,,sial pikir gw’ apa sih maunya si Asep.

Keesokan harinya gw’masih penasaran tentang kejadian malam itu,,,berulang kali gw’tanya si Gaga ternyata emang beneran kaga’ada apa-apa. Hanya saja hingga saat ini hati kecil gw’ga’ bisa gw’bohongin seaakan dia berbisik bahwa ada sesuatu yang dirahasiain ke gw’ biarin aja deh yang penting sampe sekarang gw’baik aja. Daripada gw’pusing mikirin itu mendingan gw’siap-siap berangkat sekolah waktu itu kira-kira jem 06.45 WIB,,hampir aja telat untung sekolah kaga’perlu naek angkot tinggal nibra dari kobong nyampe deh, he he he. Nyampe dikelas ada sesuatu yang mengagetkan gw’ tau siapa yang duduk paling depan…gila men si Asep dateng lebih cepet dari gw’ kemasukan setan ape dia tumben banget,,,waktu itu pelajaran Bahasa Arab yang ngajarin Ustadz wahyu, men Ustadz Wahyu emang kecil tapi denjer banget cuy. Waktu itu sih gw’kaga’ada masalah, gw’cuma khawatir sama si Asep, karena gw’nyium bau kurang enak’dari mulutnya seperti bau alcohol gitu, jangan sampe deh si Asep ketuan…biarpun seringkali dia bikin gw’kesel gw’kaga’pernah benci sama dia’gw’hanya bisa berdo’a semoga dia bisa terhindar dari itu.

Masih seputar dipesantren nih cing…ketika itu pengajian Sorof kaelani oleh Ustadz Supri sehabis solat ashar pengajian biasa sebelum mulai santri biasa bacain Nazham qoribunkowiyunya qowiyun fakowini bijahinwasulthoni wamulkintarojaha kurang lebih seperti itulah sebanyak 3 kali balikan, selesai baca nazhom itu belum langsung mulai pengajian muthala’ah pelajaran sebelumnya dulu, pas udah beres muthala’ah emang dasar santri bukannya ngaji malah becanda, sehingga konsentrasi Ustadz Supri jadi keganggu, wajar juga sih sikap anak-anak sedikit berani sebab, Ustadz yang satu ini dikenal lucu dan sering becanda juga’sayangnya santri ga’bisa nempatinnya dimana waktu becanda dan dimana waktu serius, entah kaga’kuat ngadepin santri kaya gitu entah apa,… Ustadz Supri tiba-tiba keluar begitu aja tanpa ngejelasin apa-apa, kita semua pada bingung dan ngerasa bersalah banget.

Besoknya,,,kembali pengajian yang sama, seperti biasa kita semua baca nazham terlebih dahulu. Selesai membaca nazham tak satupun santri yang berani berbicara, keadaan menjadi sunyi, ahirnya setelah diam beberapa menit salah satu temen gw’ si jalu beraniin diri untuk berbicara dan memohon maaf kepada Ustadz Supri mewakili temen-temen yang laen. Dan mungkin sejak tadi Ustadz Supri mengaharapkan itu. Anehnya Ustadz Supri ternyata sejak tadi menahan ketawanya,,,tanda Tanya besar buat gw’dan temen-temen. Ustadz Supri pun menjelaskan kejadian kemaren, siapa yang nyangka coba Ustadz Supri ternyata kebelet mau BAB alias be’ol. Aaah lega deh gw’. He he he.

Kira seperti itulah beberapa kejadian yang pernah gw’alamin dilingkungan pesantren. Terlalu banyak, sampe memori gw kaga’bisa nyimpen semuanya. Cing…lu pasti penasaran kan gimana ahirnya gw’bisa jadian sama Amel’ gw’mesti punya waktu khusus untuk ceritaiin semuanya, so…kita terusin lagi Diary nya yu’.

Eh cing…tau ga’ hari ini cukup melelahkan sekalleee, tadi pagi gw keliling, belum juga nyampe ketempat tujuan eh temen gw ngirim pesan singkat’, Mad…lu dimana anter gw ketempat temen lu yang bisa servis computer yu’ gitu isi smsnya gw bilang sama dia’’tunggu aja gw masih dijalan…dibales lagi sama dia, oooh ya udah gw tunggu tempat biasa ya. Ahirnya yang tadinya gw mau sekalian mampir ketempat klien gw’ gw batalin deh demi kawan. Ah pas nyampe ditempat gw janjian ketemu sama dia, gw ngobrol dulu sama dia.

Emang computer lu kenape lagi…Tanya gw

Tau nih dari dulu belum dibenerin, lu katanya mau bawa,

Yee,, lu aja kaga nyuruh ngapain juga gw bawa ntar disangka maling baru nyaho Gw’yaudah bawa dulu aja ketempat sodare gw’ si Gifa lu kenalkan

Emang dia bisa…?

Liat aja nanti paling-paling tambah rusak

Eeeh serius nih…

Banyak nanya lu kaya wartawan dah cepet buruan…

Iya deh…jawabnya sembari ragu’’eh tapi ntar kalo ga bisa gimana?

Tar gw ganti sama kompor muter, ha ha ha. Nyo ah

Kite ahirnya berangkat, ntar gimana ke’ he he he. Begitu nyampe sono (tempatnya si Gifa) eh orangnye kaga ada, waduh gimana nih. eh Pen lu ada pulsa ga’ gw telfon si Gifa nya dulu.

Kriiiing…kriiing…kriiing

Hallo,,

Woy Gif lu dimana…kate gw

Gw dijalan… ada apa?

Engga’ nih si Pepen mau benerin computer lu bisa ga”

Oh tunggu aja, bentar lagi nyampe.

Oce deh.

Ternyata eh ternyata minuman itu haram, haah kaya lagu Roma Irama, hmm… maksud gw’ si Gifa bisa juga benerin komputer si Pepen. Hmm kaga sia-sia deh gw’. Tapi emang dasar kali ye’ si Pepen kaga paham padahal kalo dia benerin komputer di tukang servis dia mesti keluar duit berapa coba…? Ini… jangankan ngasih duit beliin roko juga kaga’ gw jadi kaga enak sama Gifa. Yaa mudah-mudahan aja Gifa ngerti.

Gitu lah cing..kira-kira keseharian gw saat ini kadang adaaa aja yang bikin sebel, dan sekarang gw’ ngejalanin hari-hari gw seperti itu. Eh cing…lu tau ga’ belakangan ini kayanya gw’ pengeen banget cerita disetiap gw’ketemu lu’ tentang ini tentang itu. Tapi kerjaan gw sering terganggu. Padahalkan buat gw bekerja dengan menulis dua hal yang penting dan berarti bagi gw’ ga’berarti gw’ seorang penulis juga sih’ gw’cuma pengen apa yang ada di otak gw’bisa gw’realisasikan lewat tulisan yaa’seperti ini dech. Cing’’sejauh ini puisi apa aja yang gw tulis semua gw’anggap bagus sebab, ga’ada yang komentarin puisi-puisi gw’ padahalkan gw’pengeeeeen banget ada yang kasih nasehat/komentar dipuisi gw’supaya gw’tau seberapa besar pandangan orang terhadap apa yang gw’tulis, baik dari penulisannya, maknanya, ato apa aja deh yang berkaitan dengan itu. Entah layak atau tidak puisi gw’masuk katagori sastra gw’kan ga’pernah tau.

Helloo cing…hari ini badan gw pada pegel-pegel nih cing, maklum kemaren gw’ke Tasik bolak balik. Tadinya gw’bingung waktu masih dirumah gw’ngitung-ngitung jari pergi kaga’pergi kaga’sampe pada satu kesimpulan gw’coba sms Asep’’Sep…lu ada waktu ga? Ketasik yu…kata gw’. Gw’pikir Asep ga’bakalan mau’’Ayo aja…kata Asep. Hah gile juga si Asep. Kaga’pake mikir panjang lagi gw’langsung jalan jemput Asep tapi gw’kaga’lupa ijin sama bininya dulu. Eh bininya juga ngijin. Langsung aja kita jalan. Wajar,,,Asep kan salah satu best friend gw’. udah perjalanan jauh bawa buku pula, lu liatkan…! Satu kardus besar kurang lebih isinya 45 kilo gimana ngebayanginnya coba duduk juga kaga’septi. Gw’kan pergi berdua sama si Asep yang pernah gw’ceritain…teman dipesantren itu, kasian banget dia gw’suruh pegang kardus seberat itu sambil boncengan, wah’pokonya duduk serba salah deh’ketambah beban berat yang gw’simpan didepan. Huuu’’ancur deh motor gw’mana belum beres kreditnya’he he he, kata orang sih demi perjuangan untuk mendapatkan sesuatu kite harus rela berkorban. Sepanjang perjalanan aksi tutup mulut terus gw’lakukan abis mau gimana kalo gw’barengin ngobrol ntar konsentrasi gw’pudar lagi’yang lucunya… kita berdua kaga’tau tempat yang mau kita kunjungi gila kan’nekat banget yeh gw’padahal Tasik kan jauh. Gitu deh gw’asalkan tau yang mau gw’kunjungin ga’tau juga tetep jalan selama gw’masih punya mulut. Iya kaga’cing.

Untungnya…abang gw’pernah ngasih nomor telpon temennya yang di Tasik, gw’coba hubungin dia aja minta kasih tau alamat tempat yang mau gw’kunjungi. Tapi sayang kita kesasar, meskipun begitu ada untungnya juga, nyasar malah sampe ketempat yang kebetulan kita cari,,haa kebetulan sekali lah. Abis itu gw’sms aja temen abang gw’kalo gw’kaga’ jadi minta antar dia gw’bilang gw’udah ditempat itu. Orangnya baik sampe gw’disuruh mampir kerumahnya. Karena gw’pikir udah ngehubungin dia ga’enak kalo kaga’ mampir. Nyampe dirumah dia kita ngobrol sampe magrib biasa kaya orang kenal lama deh. Si Asep aja sampe heran, sampe nanya ke gw’Ooo iya namanya Roni, pas dia kedalem rumahnya Asep nanya sama gw’.

Mad…itu temen lu’apa temen abang lu’ gitu kata si Asep,

gw’ bilang aja…kan tadi dah gw’bilang itu temen abang gw’

Tapi ko’lu kayanya akrab…?

Akrab gimana Sep orang kenel juga baru ini..

Gila lu’kata Asep

Ehhh bukan gila Sep mumpung-mumpung kali aja disediain makan ha ha ha, emang itu yang gw’cari he he he.

Selesai solat magrib, kita bergegas mau pulang, kata Roni kita makan dulu aja, waah…kayanya impian gw’jadi kenyataan.

Mad…makan dulu aja,,,,kata Roni

Waduh,,jadi ga’enak nih bang ngerepotin…he he padahal pura-pura nolak

Kaga’apa-apa, perjalanan jauh kan

Gimana ya bang,,,!!!

Udah ayo cepet udah disiapin tuh,

Ooo ya udah deh kalo dipaksa…lagi-lagi keluar deh jurus gw’. Meskipun perasaan ga’enak tetep aja ada. Mau gimana cing,,,gw’dah ga’nahan lapar perut gw’dah nyanyi dari tadi.

Ahirnya dengan basa basi yang ada gw’sama Asep pamit pulang, gw’penasaran kata orang sana kalo gw’pulang lewat tasik lagi jauh mending lewat garut katanya, gw’turutin aja. Kita pun berangkat pulang dengan rute yang udah di kasih tau’. Alamaaaak…sepanjang perjalanan gw mikir’ni jalan ko sepi banget mana ditengah hutan lagi,,Sep kaga’lagi deh gw’lewat sini malem-malem. Kalo gw’bilang sih itu jalan bukan jalan umum melainkan jalanan khusus yang dibuat untuk para penjahat melarikan diri, lu bayangin aja jarak kendaraan satu dengan yang laen sekitar 10 kilo sama aja gw’jalan sendiri. Iiih mana serem banget lagi, saat itu gw’cuma bisa ngarep semoga aja motor gw’kaga mogok, apa jadinya kalo motor gw’mogok disana. Sama juga gw’nyerahin diri kesararang penjahat, untuk menghilangkan rasa ketakutan gw’gw’ jalan santai aja sambil ngobrol sama Asep, kebetulan beban yang kita bawa udah enteng karena tadi sudah kita turunkan di singaparna tempat gw’ngedrop buku tadi. Kata Asep Mad’gimana nih kalo kita ketemu gituan disini…? Gituan apaan maksud lu…jangan sembarangan Sep.!!! kita masih akan menempuh perjalanan kurang lebih 70 km lagi nih. Hhmmm setelah menempuh perjalanan kurang lebih 47 km dari singaparna kami pun tiba dikota Garut, berhubung badan gw’dah pada pegel gw’minta digantiin Asep untuk melanjutkan perjalanan, sedikit lebih tenang sebab, perjalanan dari Garut ke bandung tidak seperti sebelumnya jalanan ini ramai di lewati kendaraan-kendaraan keluar masuk kota Garut, aaah ahirnya lega juga bisa selamat dari ini semua dan ini akan menjadi pengalaman cukup menarik bagi gw’dan Asep. Satu jam kami dari kota garut kami tiba dirumah Asep, istirahat sejenak gw’melanjutkan perjalanan yang masih tertinggal 40 km lagi kerumah kontrakkan gw’dengan tanpa pikir panjang gw’langsung tancap gas al hasil kurang dari 1 jam gw nyampe kontrakan, masukin motor dan langsung moyoy, tanpa mengganti pakaian lagi,,,hmm sungguh hari yang cukup melelahkan….seluruh kru yang bertugas mengucapkan selamat istirahaaaat….

Tinggal besoknya gw’harus mengerjakan apalagi ya’’’kita lihat aja nanti oke’.


Tidak ada komentar: